3 Kue Tradisional Betawi, Yang Manisnya Sampai ke Hati

Kamu tinggal di Jakarta atau akan berkunjung ke Jakarta? Rasanya tidak lengkap jika tidak membeli makanan tradisional Betawi, apakah kamu bingung ingin membeli apa selain kerak telor?

Tenang, banyak loh kue tradisional Betawi yang ga kalah enak sama kerak telor. Makanan makanan ini juga cukup populer karena rasanya yang manis dan menggugah selera. Kamu harus coba 3 kue tradisional khas Betawi yang manisnya dapat dinikmati.

1. Kue Dongkal

Makanan khas Betawi ini sangat cocok kamu jadikan camilan. Rasanya yang manis membuat semua orang menyukainya. Makanan ini dibentuk sepertu tumpeng.

Terbuat dari kelapa parut dan tepung beras, kue ini juga dilapisi isian gula merah yang kemudian diolah dengan cara dikukus. Makanan ini menawarkan cita rasa yang gurih juga manis dari gula merahnya. Menurut beberapa orang, makanan ini mirip dengan kue putu mulai dari tampilan, bahan, dan rasa yang diciptakan.

2. Kembang Goyang

Makanan ini adalah salah satu makanan tradisional Betawi yang banyak dicari oleh masyarakat lokal juga wisatawan. Selain memiliki tampilan yang cantik dan menarik, makanan ini juga dikemas sangat praktis sehingga dapat dengan mudah digemari oleh segala umur baik muda maupun tua.

Terbuat dari santan dan tepung beras, kembang goyang ini memiliki cetakan khusus berbentuk bunga yang dapat membentuk adonan menyerupai cetakan tersebut. Adonan dimasukkan ke dalam cetakan yang sudah diberikan minyak panas, kemudian di goyang goyangkan hingga kue lepas dari cetakannya. Kue ini menyediakan begitu banyak varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu.

3. Putu Mayang

Makanan ini bisa kamu jadikan salah satu menu buka puasa yang praktis, manis, dan lezat. Selain itu, putu mayang juga bertekstur lembut karena terbuat dari tepung ketan, santan, tepung beras, dan beberapa bahan lainnya.

Bahan bahan tersebut dicampurkan dan diberikan pewarna makanan dengan berbagai macam warna. Adonan kemudian dicetak sesuai dengan warna masing masing agar tidak tercampur, dimana cetakannya mirip dengan mie. Makanan ini biasa disajikan dengan gula merah agar tidak terasa hambar.


Dari 3 kue tradisional khas Betawi, kira kira kue apa yang akan kamu bawa untuk orang orang tersayang atau dirimu sendiri?